christmas gift :))

hellooo teman2 semuaaa :)
besok udah natal lhoo, hayoo udah pada pasang pohon natal? ada tradisi spesial nggak di keluarga kalo pas natalan? hmmm, aku mau berbagi cerita nih soal natal tahun 2011 ini.
Pada hari Jumat 23 Desember 2011, aku ikut Seminar tentang sustainable architecture di Quest hotel,Semarang. Itu sih sebenernya acara gathering BCI Asia, tapi ada pembicaranya, dari konsultan Aboday yang pada malem itu diwakili oleh Ary indra. acaranya bermutu, dan ngasih banyak ilmu buat aku. terutama di bagian sharingnya.pak ary menjelaskan setiap proyek yang beliau kerjakan lengkap dengan konsep pengerjaannya. dan yang paling menyenangkan adalaaah, saya dapet gratis buku dari beliau! buku yang selama ini aku pengenin, bahkan waktu ngerjain tugas perancangan kemaren, aku sampe bela2in pnjem ke temen kosanku. :)) memaang sih, bukan buku terbaru, tapi lumayan jugaaa. temenku ada tuh yang dapet buku terbaru (yang hari itu dilaunching) secara gratis, dari pak Ary. *mupeng maksimal*
ini buku yang aku dapet :




sementara buku architecture @12 yg kmrn baru di launching belom ada pictnya. hehe

oiya, bahkan pulang dari seminar itu, aku sama temenku kan mampir dulu ke salah satu coffee shop, eeeh ketemu lagi sama pak Ary. hahaha.

selain cerita tentang christmas gift berupa buku itu, aku juga mau cerita tentang natalan bareng keluarga yang cukup seru. tanggal 24, aku baru pulang dari kos siang hari.sampe rumah langsung disambut ujan deraaas.acaranya greja bareng keluarga. ikut misa malam, dan suasananya terasa khusyuk. tanggal 25, sekeluarga kumpul di rumah mbah, ketemu semua om adek2 sepupu, dan menikmati berkat Tuhan lewat makanan yang berlimpah, hehehe. asik asik :)

sebenernya, ini postingan mau saya post pas tgl 23 kemaren, tapi karena nulisnya juga sambil wara wiri ngerjain yg lain, jadinya malah leptop ke shut down dan tulisannya masuk ke draft blog -______-" hehehe.
ada satu hal lagi sih sebenernya yang mau aku ceritain tentang xmas love story. bukan tentang aku kok, tapi pelajaran berharganya bisa aku ambil hikmahnya. tapi ntaran aja ya, pake postingan baru. hahaha. *ngeles aja sih gara2 udah ngantuk* hehehe.
MERRY XMAS AND HAPPY NEW YEAR, EVERYONE! hope you get lots of joy and grace!

this is your day,mom!

hey mom! happy mother's day!
waaah di hari yang sangat spesial ini, aku mau bilang sesuatu buat mama.
yang pertama, terimakasih ya ma buat semuanya. dari aku kecil sampe sekarang ini. terimakasih buat kesabaran mama, meladeni pertanyaan nggak pentingku waktu aku ingin tau tentang sesuatu.mengerti dan memahami kondisiku kalo aku lagi badmood, dan down. mama paling tau cara memompa semangat.
terimakasih buat kedisiplinan yang mama terapkan buat aku. mungkin aku selalu memandang bahwa itu adalah "kecerewetan" mama, dan aku cenderung melihatnya sebagai sesuatu yang menjengkelkan. tapi aku yakin, semua 'bawel'nya mama, marah2nya mama bukan tanpa alasan. untuk membuat aku lebih disiplin, teratur, dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik2nya.
terimakasih buat kasih sayang mama, doa mama buat aku. Semuanya membuat aku semakin percaya, nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Bahkan ketika aku merasa hopeless terhadap sesuatu, mama selalu meyakinkan aku bahwa aku bisa. Jadi inget masa2 kelas 1 SMA dulu, waktu homesick di kos, waktu lajo amb-smg, waktu belajar sambil ngantuk, waktu nilai hancur, waktu terima raport dan pasrah. SEMUA ADA MAMA.
terserah orang mau bilang aku anak mami. kenyataannya aku memang anaknya mama, bukan anak tetangga mama. tapi aku bukan anak mami yang manja. yang nggak bisa bekerja keras dan hanya mengandalkan kemampuan mama dalam segala hal. NO!
terimakasih buat setiap pelajaran berharga yang mama kasih. aku menghargai mama bukan karena mama galak, aku jadi nurut karena takut. BUKAN ITU. aku menghargai mama karena ya memang aku respect sama mama.
terimakasih udah menjadi mama yang hebat buat aku. yang kadang justru mendahulukan kepentinganku daripada kepentingan pribadi mama. mendahulukan kebutuhanku daripada mama.

terlepas dari ketegasan mama (yg kadang jadi terkesan galak), terlepas dari bawelnya mama, dari semua yang pernah mama lakukan yang mungkin aku ngga suka, LOVE YOU MOM.


mama juga manusia. pasti pernah juga melakukan kesalahan.
aku ngga bisa pilih kan, mama yang bisa jadi mamaku? tapi aku berterimakasih, pilihan Tuhan memang ngga pernah salah. He gives me supermom! :))
WE ARE METALL MOM!! :D


#nowplaying a song for mama-charice pempengco :)

madre pio

halo semuaaa, kali ini aku mau cerita soal madre pio. apa sih madre pio? mau tau? yakin? pengen tau banget? kebelet pengen taunya? masak sih? ututututuuu. hahahah*annoying*

jadi begini, terinspirasi dari tulisannya dewi lestari soal madre, aku jadi inget. dulu jaman SD, mama pernah dapet dari temen mama, adonan yang namanya madre pio. madre itu biang adonan kue yang ngga bakal busuk sampe kapanpun, kan memang itu isinya ragi roti, dan kalo kia mau bikin roti pake biang itu, caranya gampang tinggal biangnya dicampur sama tepung sama air. setauku sih yang penting dimasukin kulkas, masih baik2 aja biangnya.bahkan takaran tepung sama airnya ada di satu resep. pokoknya pas dikasih adonan itu, mama juga skalian dikasih resepnya. bentuknya kuranglebih kayak gini nih.

dulu, madre yang mama dapet itu, ada filosofinya dari tempat ibadah. itu melambangkan tubuhNya, yang tidak akan pernah habis dan selalu bisa berbagi sama semua orang. pokoknya setiap orang yang mendapat adonan madre itu, wajib memberikan sebagian adonan madre itu kepada orang lain. jadi misalnya, mama dapet dari temennya. trus kan itu adonan dicampur lagi sama tepung sama air, dan disisihkan sebagian buat dikasihin ke orang lain. sebagian lagi dibikin kue.


aku inget banget makan kue madre itu rasanya enaaaaak banget. hmmm, sambil baca madre, sambil membayangkan makan kue madre yang waktu itu. haha.

*adonan itu akan selalu ada terus dan terus, tanpa membusuk. dan selalu bisa digunakan untuk berbagi. namanya juga biang. dia memberikan kenikmatan buat semua orang. dia bisa digunakan dan diolah buat siapapun*

philosophy photography

manusia akan menua, tempat bisa berubah, kita bisa melupakan. karena itulah kamera digunakan, untuk merekam hal-hal yang tidak dapat diingat manusia dengan sempurna.Photographs lasts for a lifetime.

when you take a photograph of someone, you take a portrait of their soul

-refrain-


karena itulah saya suka dengan cara kerja kamera ketika mengambil gambar sebuah moment. Ia dapat menghentikan peristiwa tersebut, bahkan dalam waktu hitungan detik. seandainya waktu dan moment2 menyenangkan itu bisa di-pause sejenak.hey mister time, kamu jalan cepat sekali. :(

Anda

hai semua! apa kabar? mau berbagi cerita nih :)

hmmm, postingan ini saya dedikasikan untuk seseorang, yang saya kasih nama samaran 'Anda'.
saya menghargai Anda, saya salut sama perjuangan Anda, dan saya appreciate sekali dengan apa yang Anda telah lakukan untuk saya. buat saya, itu hebat.
kalau boleh saya bilang, Anda itu teladan buat saya. Anda selalu kasih contoh bagaimana harus bersikap, dan secara sengaja atau tidak sengaja, saya terpengaruh. Bahkan, dalam waktu dekat ini, saya baru berpikir untuk memberi gift buat orang yang inspiring kayak Anda. tapi..

sebagai manusia, saya tau, kita sering melakukan kesalahan. termasuk Anda juga. mungkin saya berekspektasi terlalu tinggi pada Anda, sampai2 di mindset saya, yang ada adalah sosok Anda yang perfect. nggak ada cela dan ngga ada cacatnya. semua yang Anda lakukan adalah benar, oleh karena itu saya berusaha meniru sikap Anda. Tapi saya tau, Anda manusia biasa, sama seperti saya, yang juga sering salah, sering lupa.

Ketika Anda melakukan kesalahan, saya kecewa. sangat kecewa. saya mengetahui bahwa Anda ngga se-perfect yang saya kira. Kecewa bukan hanya sebatas kecewa. saya ingin marah. kesalahan Anda, fatal menurut saya. Tapi entah mengapa, image perfect dalam mindset saya,yang menempel pada diri Anda, membuat saya sulit mengutarakan kekecewaan saya tersebut.

Bukan hanya saya saja yang kecewa melihat kesalahan yang Anda lakukan. Banyak orang kecewa, banyak orang menghujat, banyak orang memberi pressure pada Anda. Tekanan demi tekanan Anda dapatkan. saya tau dan lihat itu.

Sebagai orang yang mengagumi Anda,(setidaknya sebelum kesalahan ini Anda lakukan),saya berusaha berpikiran jernih. saya mencoba memposisikan diri saya sebagai Anda. ya, tekanan dari berbagai pihak itu pasti membuat Anda stress.

Saat ini, saya hanya ingin berada di samping Anda. menunggu. siapa tau, Anda membutuhkan telinga saya untuk berbagi, atau bahu saya untuk sekedar bersandar lelah. siapa tau. saya tidak berani untuk menyalahkan Anda juga. siapa saya? Mungkin saya berhak untuk marah, kecewa, tapi TIDAK untuk mengatakannya kepada Anda. saya tetap bersikap biasa pada Anda, seolah nggak pernah terjadi apa2. saya nggak mau Anda sedih. bagaimanapun, mindset saya pernah mengatakan Anda perfect.

Sekarang, ketika semua menyalahkan Anda, saya diam. saya berusaha percaya dengan janji Anda untuk berubah. percaya dengan semua permohnan maaf Anda, dan tidak akan mengulanginya lagi. bukan percaya 100%, baru mencoba percaya. melihat proses, semoga Anda berubah bersama waktu. Kembalilah menjadi Anda yang saya kenal sebelumnya. Biarlah mindset saya bilang, Anda sedang lelah terus2an menjadi diri sendiri, dan sedang berakting menjadi pribadi yang lain.

tapi saya percaya, Anda akan berubah menjadi lebih baik. kondisi sekitar Anda juga akan mendukung untuk itu. Tetaplah menjadi Anda yang membanggakan. Saya bukan berada di pihak Anda, tapi ada di pihak yang ingin 'membangun' Anda. terlepas dari hujatan dan kebencian yang mereka lontarkan kepada Anda. bukan saya mentoleransi kesalahan Anda, tapi saya mentoleransi pribadi Anda, yang saya kenal sebelum kesalahan itu ada.

goodmorning :)

pernah nggak temen2 merasa melakukan sesuatu hal, dan itu berasa nyata sekali, tapi ternyata cuma mimpi?
kalo mimpinya bagus banget, menyadari bahwa itu CUMA MIMPI itu nyesek rasanya. gemes sendiri kalo tau ternyata itu mimpi.
dan percaya ato nggak, saya mengalaminya. tadi pagi, seperti biasa kalo bangun tidur pasti pake ritual males2an di kasur dulu sampe badan benar2 siap menginjak bumi, baru deh bangun beneran. hehehe.
disaat ritual males2an itu, kebiasaan buruk saya adalah ketiduran lagi. hehehe. udah melek, ngecek jam dan baca sms, bales, ketiduran lagi. nah disaat ketiduran tersebut, saya mimpi. mimpinya juga nggak jauh2 dari aktivitas pagi yang sering saya lakukan. tapi itu terasa nyataaaa sekali. berasanya kayak saya udah bangun tidur, dan aktivitas itu benar2 sudah saya lakukan. texting and smiling. :D
pas kebangun, bahkan sampai beberapa detik setelah melek, saya masih seseneng itu. seseneng saat saya di mimpi. bahkan ngga menyadari kalo cerita menyenangkan itu cuma ada di mimpi. bukan nggak mungkin jadi kenyataan, tapi untuk saat ini kayaknya belom..
gemes sih memang. tapi nggak papa, pernah ada pepatah : mimpi adalah kunci untuk kita menakhlukkan dunia :)

thanks for make-me-feels-great-with-your-GOODMORNING-text-message- :)
goodmorning for indonesian president! hahaha.

kembali mendunia

hai teman2!
aku mau berbagi cerita nih..
karena sudah diujung kepenatan ngerjain tugas, saya dan teman2 akhirnya memutuskan untuk nonton ke XXI. target awal, JUMAT ASISTENSI sama dosen, eeeh trakirnya KAMIS NONTON, JUMAT PULANG. hehehe. sungguh tepat jadwal sekali.

tapi aku bilang, NGGAK NYESEL dan NGGAK RUGI nyuri waktu sebentar (seharian.red) nonton REAL STEEL. itu filem kalo boleh saya kasih bintang, kasih deh 7. *puyer kalee bintang todjoee

cerita real steel berlatar sekitar tahun 2020, jadi udah maju banget itu yang namanya teknologi. diceritakan Charlie Kenton yang hobi banget mengutak-utik robot, dan suka adu robot sama apapun, sama sesama robot, ato bahkan banteng. ya, mungkin bisa dibilang judi.

suatu ketika, AMBUSH, robot besar buatannya kalah lawan banteng, dia ngga bisa bayar uang taruhannya. dia kabur dan melarikan diri sebelum dihajar sama lawannya.

AMBUSH
dalam perjalanan kaburnya, dia dapet kabar bahwa anaknya,Max Kenton, yg ngga pernah dia liat dari sejak lahir (berusia 11tahun) sedang ada di pengadilan, diperjuangkan hak asuhnya. ada keluarga kaya (marvin dan debra) yg mau mengadopsi anaknya.

dari situ, dia memanfaatkan kesempatan yang ada. ia berikan hak asuh itu pada keluarga kaya itu, asal mereka mau membayar sejumlah uang kepadanya. toh charlie nggak pernah ngeliat anak itu dari kecil. pikirnya, buat apa juga hak asuhnya jatoh ke dia? akhirnya, diapun sepakat dengan marvin untuk transaksi itu. tapi marvin meminta agar debra ngga pernah tau soal pemberian uang itu. namun karena debra dan marvin akan pergi ke italia untuk beberapa waktu, mereka meminta charlie untuk menjaga max sementara waktu, sampai mereka kembali ke new york.

uang itu digunakan charlie untuk membeli Noisy Boy, robot baru yang lebih canggih untuk bertanding di laga robot yang bergengsi.

dibantu partner kerja sekaligus kekasihnya, Baliley Tallet, Charlie merakit robotnya, dan memperbaikinya kalau ada kerusakan, di bekas tempat gym milik ayah bailey.

singkat cerita, selama max tinggal bersama charlie, banyak pengalaman seru, mengharukan, dan perjuangan yang mereka lalui sebagai ayah dan anak. max mencoba memasuki "dunia robot" ayahnya, dan ia ternyata menikmati.

diceritakan bagaimana sama2 keras kepalanya mereka berdua, bagaimnaa menglelola kesempatan yang ada, bijaksana dalam menentukan keputusan, tidak ceroboh...
robot yang sangat hebat sekalipun tetap membutuhkan "pertandingan permulaan" untuk melatih kemampuannya. nggak bisa langsung di hard level. noisy boy hancur karena lawannya,MIDAS, terlalu kuat untuk robot yang lama tidak bertanding seperti noisy.

MIDAS
charlie tak punya apa-apa lagi. dua robotnya kalah dan hancur karena kesalahannya dalam megambil kesempatan. charlie mencoba belanja spare part robot secara ilegal di sebuah tempat, berharap bisa memperbaiki noisy bersama dengan kekasihnya, bailey.

karena mengikuti ayahnya mencari spare part robot dalam keadaan hujan lebat, max terpeleset dari tebing. hampir jatuh, namun karena tersangkut, ia pun masih dapat bertahan. karena kejadian itu, max menemukan robot yang 'terkubur' di gundukan pasir, saat ia hampir jatuh dari tebing. dan Charlie ngga mau membantu anak kecil itu untuk membawa robot itu pulang. kalau dia mau, ambil saja sendiri. dan benar saja, ia lakukan itu sendiri. robot itu bernama ATOM.

ATOM
selain tahan terhadap hantaman dan pukulan, atom punya keistimewaan untuk menirukan apa yang ia liat.

ATOM MENIRUKAN GERAKAN CHARLIE KENTON

ATOM MENIRUKAN DANCE MAX KENTON

kejayaan, kehancuran, refleksi diri, mereka lalui bersama. mereka memang ayah dan anak yang ngga pernah bertemu sebelumnya, tapi chemistry anak dan ayah itu sangat kuat. apalagi dalam pertandingan2 robotic. max dan charlie memulai semuanya dari nol lagi. menandingkan atom dengan robot kelas bawah (zoo), sampai akhirnya menang menang dan menang melawan beberapa robot di ajang yang lebih tinggi.

mereka akhirnya berani masuk ke ajang liga robot yang cukup bergengsi di kota itu, dengan lawan yang berat.

suatu ketika,beberapa saat menjelang pertandingan antara atom dan twin city, robot yang cukup kuat di kota tersebut, farra lemkova, manager robot terkenal dan terkuat dalam liga robot new york, Zeus, memanggil max dan charlie untuk berbicara mengenai keinginannya membeli atom, karena dianggap punya kekuatan yang bisa menjadi teman latihan zeus. charlie langsung meng-iyakan. tapi max menolak mentah2. atom ia ambil sendiri dari gundukan pasir, ia bersihkan sendiri dari pasir2 itu. ia ajak atom jalan2 keluar, hanya mereka berdua. ayahnya sama sekali tidak membantunya. dan sekarang ayahnya akan menjual atom ke manager zeus tanpa persetujuannya?? max marah.
pertandingan melawan twin city berjalan seru. atom menang. dan akhirnya, max menantang farra lemkova untuk menandingkan zeus dengan atom, di depan khalayak umum. bocah 11 tahun itu cukup berani dalam mengambil keputusan.

TWIN CITY

ditengah kesenangannya berhasil mengalahkan twin city, masalah kembali datang pada charlie, pemilik banteng yang dulu menang melawan ambush, robotnya, datang kembali untuk menagih janjinya. charlie dan max dipukuli dan diambil seluruh uangnya.

menjelang pertandingan melawan zeus, banyak konflik yang terjadi dan sangat mengharukan untuk disimak. bagaimana max dikembalikan ke orangtua asuhnya, karena charlie nggak mau max terlalu jauh masuk ke "dunianya" yang cukup keras, sampai ia ikut dipukuli. namun pada akhirnya max bisa tetap ikut dalam pertandingan yang ia tunggu2 : atom vs zeus.
ia ingin membuktikan pada farra lemkova dan Tak Mashido bahwa atom-nya mampu mengalahkan zeus, yang sudah dipuja banyak pecinta robot dan diakui kehebatannya.

ZEUS

intinya, filem ini ingin mengajarkan pada kita bahwa bukan kemenangan dan kekuatan yang ingin ditonjolkan. tapi perjuangan, kasih sayang, dan kebijaksanaan dalam mengambil kesempatan. GREAT MOVIE!:)


sekian laporanku selama sesaat meninggalkan kewajiban untuk menyentuh dunia. :))

piece of..

helooo! :))
posting kali ini, aku nggak mau bicara banyak.. mau post gambar-gambar aja, yang selama ini aku pelajari dan kerjakan.. mau dibilang pamer ya nggak papa, tapi lebih ke arah sharing aja sih..dan membutuhkan banyak saran2.. let's check this out..

spa and beauty care centre


rumah tinggal dan agen tiket bus (TROPIS)


rumah tinggal (dan tempat usaha) NOTARIS


puskesmas


rumah tinggal




interior banking hall








redesain alun-alun kabupaten pekalongan




perancangan kota - jalan dokter sutomo semarang
(ini sebenernya ada detail redesainnya, tapi kok filenya pas dicari engga ada yaa) hahaha




redesain taman KB semarang

just wanna share.. mari saling berbagi dan memberi saran, terimakasiiihh :)

sense of priority

spada! :)

jumpa lagi sama saya teman2... kali ini lagi kepengen bercerita soal priorias..nggak boong deh, masalah yang satu ini kadang juga jadi masalah buat saya. hehehe. jadi yaaa sedikit sharing aja.. semoga berguna :))


kita sebagai manusia, nggak bisa kan melakukan berbagai macem kegiatan dalam satu waktu. oleh karena itu, kita butuh yang namanya prioritas.
Jujur aja, menentukan prioritas itu sangat mudah. tapi menjalankannya yang susah. cenderung empot2an malahan.

Prioritas itu ada, biar kita bisa belajar buat ngalahin sisi egois dalam diri kita. kalo kita cuman nurutin semua kemauan diri sendiri aja, skala prioritas nggak akan jalan. misalnya nih, kita punya banyak hal yang harus dilakukan pada satu hari itu. tapi, mungkin cuaca dan mood dan lingkungan lagi nggak mendukung banget buat kita menjalankan kegiatan kita itu. kalo nggak ada prioritas, pasti semua orang milih buat diem aja di rumah, dan melupakan kegiatan yang seharusnya mereka kerjakan itu. Apalagi kalo banyak hal disekitarnya mendukung untuk bermalas-malasan.

Dengan mengetahui skala prioritas kita tu apa aja, semua yang terjadi dalam hidup kita jadi teratur. kita tau mana yang penting , kurang penting sampe yang nggak penting. kegiatan dengan prioritas terendah bukan berarti nggak berguna buat dikerjakan. tetap berguna, tapi ketika dilakukan setelah prioritas utama.
Pengaturan skala prioritas itu menentukan bagaimana cara kerja kita.

kita nggak akan pernah merasa WASTING TIME, karena kita melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang seharusnya kita lakukan.

mari merancang prioritas kita. dan belajar untuk melaksanakannya dengan baik:)

not forgotten, but forgiven

"when you trully care with someone, their mistakes never changes our feelings because it is the mind gets angry but the heart still care."
So many things could be made better with just a simple apology. Too bad most people dont know how to say I'm sorry, & others will not accept.

Semua orang pasti pernah marah. Di saat emosi meluap seperti itu, pikiran akan bekerja dengan tidak jernih. Maka dari itu pernah ada pepatah bilang kalo lagi marah, jangan pernah ambil keputusan apapun.

Marah itu bisa diekspresikan dalam banyak hal.
1. Tipe orang yang ekspresif. marahnya lisan. diomongin langsung. prinsipnya, yang penting perasaannya dia lega. masalah orang yang dia marahin itu sakit hati ato nggak, dia ngga peduli. toh orang tsb sudah membuat dia jengkel, dan sudah sepantasnya kalo dia harus menerima "sanksi" berupa sakit hati.

2.Tipe orang yang kondisional. bukan kondisioner lho yaa. beda itu. *krik* orang ini bisa baca situasi. Tau kapan dia harus marah secara lisan, ato cukup pake tulisan aja. istilahnya,kapan mau nyuruh orang buat walk out, kapan cuman ngasih surat peringatan doang. hehe.

3. Tipe yang ngga ekspresif. marah bisa, tapi nggak langsung verbal, lisan. pasti bisanya ngungkapin kalo pake media lain selain tatap muka langsung. bukan karena ngga berani, tapi memang karakter aja.lebih bebas mengungkapkan semuanya ke tulisan.

4. Tipe yang susah marah.nah ini nih yang bahaya. dia bisa aja nahan perasaannya, sampe entah gimana, karena nggak enak mau marah sama orang. kadang, dia bisa meledak-ledak sekalinya marah. dan jatohnya jadi kasar kata2nya. sebenrnya bukan maunya dia juga kayak begitu. tapi mungkin karena jaraaang banget marah, jadi sekali marah keliatan gimanaa gitu.


Tapi terlepas dari kata marah dan sebel dan lain-lain, semua itu bisa pelan-pelan dihapus dengan FORGIVENESS.

Mungkin, alesan kenapa seseorang membuat kita menjadi marah itu susah dilupakan. Kalo melulu nginget2 kesalahan orang yang bikin kita jadi sakit hati, hidup kita toh ngga akan tenang. isinya cuma dendam, marah, emosi. nggak ada berkatnya sama sekali.

Memang tidak mudah untuk bilang "oke, nggak papa. fine. kita kembali kayak dulu sebelom peristiwa marah itu terjadi" . Semua butuh proses. Tapi nggak selamanya kita minta dimaklumi, "kan aku sedang dalam proses, ya ngga bisalah maafin gitu aja. gimanapun dia butuh sanksi." NO!
sampe kapan mau berproses?

yang perlu kita inget, waktu kita mau memaafkan orang yang berbuat salah sama kita adalah : inget semua kebaikan yang pernah dia lakukan buat kita. inget semua pengorbanan yang pernah dia lakukan ke kita, inget semua hal yang pernah dia lakukan untuk membuat kita bahagia.
cuma perlu itu. inget semua itu. yang mungkin selama ini dia ngga pernah minta imbalan untuk semua kebaikan2 itu.
memaafkan dia bukan berarti kamu membayar kebaikannya, dan dia meminta imbalan atas kebaikannya. bukan itu.

Kasih itu mengampuni.
yaa, dengan catatan, orang yang membuat kita marah tersebut, ada effort buat berubah jadi lebih baik. ada usaha buat memperbaiki keadaan, dan nggak akan ngulangin lagi kesalahan yang sama.

waktu akan memulihkan keadaan kita. maybe it isn't forgotten, but forgiven.
Forgiveness is the glue, that repairs broken relationships.

aku, kini dan nanti :)

Untuk anakku,

Saat ini, badanku sudah renta, bukan lagi badanku yang dulu- badan kuat Ayah kebangganmu, yang bahu dan lehernya menjadi tumpuanmu. Maklumilah diriku. Tetaplah bersabar menghadapi ketidakmampuanku yang semakin banyak.

Saat ini, engkau mulai menyaksikan pemandangan yang kotor di hadapanmu karenaku. Bahkan, baru saja air liurku terjatuh tercecer di lantai dan telah menodai sepatumu. Maklumilah diriku. Ingatlah saat engkau mengajakku bermain di pagi hari, muntah, dan mengotori pakaian kerjaku.

Saat ini aku sering mengulang-ulang terus ucapanku hingga membuatmu bosan. Bersabarlah. Ingatlah di masa engkau meminta aku membaca setiap cerita dongeng yang kuulang-ulang untuk mengantar tidur dan mimpi indahmu.

Saat ini, aku membutuhkanmu untuk mengelap dan membersihkan tubuhku. Lakukanlah dengan senang hati. Ingatlah bagaimana susahnya membujukmu berhenti bermain agar aku bisa memandikanmu.

Saat ini, aku telah melakukan kesalahan dengan mengenakan bajuku terbalik, bahkan sempat terlihat oleh tamumu saat aku melintas dari ruang tamu. Perbaikilah. Ingatlah setiap ingin bermain di luar rumah, engkau berkali-kali memasang terbalik sepatumu dan aku selalu membenahinya untukmu.

saat ini, aku sering bingung dan tidak lagi dapat menjangkau pembicaraanmu. Janganlah merendahkanku. Ingatlah cara-cara yang kulakukan untuk menjawab setiap 'mengapa' yang selalu kau ajukan saat itu.

Saat ini, kita berjalan bersama, namun aku tidak mampu lagi untuk mengimbangi kecepatan langkahmu. Tetaplah di sampingku, beriringanlah denganku, dan ulurkanlah tanganmu. Ingatlah bagaimana engkau belajar berjalan saat itu.

Saat ini, aku sering lupa berbagai peringatanmu, termasuk menggunakan sendok garpu di tanganku. Janganlah bosan mengingatkanku atau mungkin melakukannya untukku. Ingatlah pada masa kecilmu saat engkau belajar menggunakan sendok,garpu, piring dan gelas.

Saat ini, aku sering mengajakmu duduk bercerita di belakang rumah dekat kandang ayam kita. Namun, aku tidak mudah lagi mencerna setiap maksud pembicaraanmu, apalagi tentang pekerjaanmu. Janganlah bosan. Perlu engkau tahu, sebenarnya topik pembicaraanmu bukan lagi hal yang penting bagiku. Asal engkau ada di sisiku, itulah kerinduanku.

Saat ini, kursi roda pembelianmu rusak karena aku sudah menggunakannya. Harusnya kugunakan rem, tapi malah menabrak pot bunga kesayangan istrimu hingga pecah. Janganlah marah. Ingatlah suatu malam saat engkau menangis memintaku membelikan sepeda yang kau tunjukkan di siang harinya. Pagi-pagi sekali aku bergegas membelikan sepeda yang mahal itu. Namun di siang hari, sepeda itu sudah tercerai berai dan rongsok di halaman rumah kita.

Saat ini, mungkin aku seolah-olah tidak menghargai usahamu yang membelikanku makanan kesukaanku, karena tidak lebih dari dua sendok makanan yang melewati tenggorokanku. Bersabarlah. Ingatlah ketika setiap aku menyuapimu makan, setiap kali pula engkau mencoba memuntahkan makanan itu sebelum masuk ke perutmu.

Saat ini, bukan lagi seperti dulu ketika aku selalu ada untuk mengajarimu. Aku menua dengan segala kekurangan fisik dan pikiranku. Janganlah bersedih. Tetaplah bersuka cita, seperti suka citaku di masa kecilmu. Bagaimana pun masa kecilmu telah menjadi inspirasi, kekuatan, serta penghiburan bagiku. Satu hal yang engkau harus tau.... jiwaku tetap seperti dulu, selalu bersorak-sorai, ber hip hip hura ketika bersamamu.

Nanti, jika aku pergi menghadap Yang Maha Kuasa, aku akan merepotkanmu lagi dengan segala urusan yang berhubungan denganku dan engkau akan menumpahkan air matamu. Jangan terlalu menangisiku. Ikhlaskanlah kepergianku dan genapilah sukacitaku. Lakukanlah segala sesuatu untuk pemberangkatanku dengan senang hati . Ingatlah bahwa aku sudah ada gantinya di dunia ini, dirimu, anakku..

Seorang anak tidak pernah memilih untuk dilahirkan, dan orangtu tidak memilih untuk mengalami masa tua dan renta. Namun semua itu adalah masa-masa indah buatku dan semoga juga selalu indah bagimu,

Ayahmu.
(Bread for a friends, Lintong Simaremare hal. 33-36)

When I'm older I'll be so glad if I grow up to be like dad. ayah juara satu seluruh dunia. :D


cuma iklan :)


diam tidak selalu pasif. orang mengatur strategi untuk melangkah pada tahap yang lebih baik di kemudian hari, juga dengan diam. berpikir juga lebih enak dilakukan dengan diam.
yang lebih penting adalah, ada action yang bermutu setelah diam. melakukan sesuatu yang berguna dan berarti, setelah diam berpikir.


"kalau kita tau, kita punya bahasa sendiri waktu kita diam, kenapa kita harus berbicara?"


tapi pada kenyataannya, diam justru membuat orang menebak-nebak.

apasih maksud postingan ini? ah abaikan saja, ini cuma iklan. :)

mengampuni :)

karena penduduk dunia ada lebih dari 6 milyar orang..
karena karakter mereka semua berbeda-beda..
tidak semua orang sependapat..
tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama..
dan selalu akan ada yang namanya beda pendapat, berselisih jalan, beda prinsip, beda pemikiran. dan saat terjadi perbedaan itu, nggak jarang muncul gesekan, crash, ato apalah namanya.
saling ngejudge satu sama lain.. saling menghakimi satu sama lain. yang mana, judgement itu hanya dilihat dari sudut pndang salah satu pihak. dan itu belum tentu benar.
Tidak semua orang mudah bilang maaf. dan tidak semua orang mudah memaafkan. tapi Dia sudah berikan teladan. Dia saja mau mengampuni kita yang sering melupakanNya. kenapa kita nggak bisa lakukan itu untuk sesama?
oke, try it. inspiring song, inspiring lyric. thanks for teaching me.

video

dia sudah memberi contoh..

Ini cerita nyata..
Ada seorang pedagang bakso di sebuah kota kecil di Ambarawa, namanya Pak Pur. Bakso dagangan Pak Pur memang terkenal enak, lokasi dagangnya pun strategis di sekitar alun-alun, yang pastinya ramai dikunjungi. Sebelum membuka warung bakso, Pak Pur pernah bekerja di sebuah pabrik, dan mengalami kecelakaan kerja sehingga jari tangan kanannya tinggal dua saja. Setelah kecelakaan kerja itu, diapun keluar dari tempatnya bekerja. Dalam keterbatasannya, Pak Pur tetap bekerja, membuka warung bakso. Warungnya dari dulu tetap seperti itu, sederhana, kecil, namun tetap ramai dikunjungi orang.
Beberapa minggu yang lalu, pak pur mengalami musibah. Kompor untuk berdagang di warungnya meledak. Ada empat korban luka, dua pengunjung, satu pegawai, dan Pak Pur. Lukanya sama-sama parah. Sebagai pemilik warung yang bertanggung jawab, pak pur membiayai seluruh pengobatan dua pengunjung serta satu pegawainya. Namun pak pur juga sadar, ia tidak memiliki dana yang cukup untuk membiayai seluruh pengobatan korban ledakan kompor di warungnya. Tau apa yang pak pur lakukan?
Pak Pur memilih untuk dirawat jalan saja di rumah. Hal itu bisa mengurangi jumlah biaya yang harus ia keluarkan. Kondisinya sekarang perlahan pulih, sementara pengunjung yang menjadi korban ledakan itu, sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit.
Dalam kekurangan dan keterbatasannya, pak Pur masih bisa mengutamakan kepentingan orang lain.
Menolong orang tidak hanya bisa dilakukan saat kita dalam kondisi berlebih saja.
“Karena memberi tidak harus dilakukan ketika kita memiliki, tapi karena kita memang ingin berbagi.”

warna warni

halo semuaa :)
hmmm, aku mau cerita-cerita lagi nihh.. hehe

dimulai dari mana yaa? dari sabang aja ya, ntar biar slesainya pas di merauke, nggak kebablasan sampe papua nugini. (maaf out of topic)
jadi begini, kemaren hari kamis, 30 Juni 2011, mbah putri sama mbah kung merayakan pesta emas ulangtahun perkawinan mereka. acaranya sih yaa misa syukur biasa, ngundang kerabat sama sodara dekat.. banyak juga ya ternyata. yaiyalah, secara udah berapa lama mbah putri sama mbah kung tinggal disini. hehe. banyak yang datang, dan ikut mendoakan mereka, agar apa yang mereka terima adalah selalu yang terbaik. :)
acaranya bisa dibilang sangat lancar dan sukses, berkat kerjasama mama papa om tante semuanya. senengnya bisa ngadain acara besar( setidaknya dengan tamu yang lumayan banyak, bisa dibilang besarlah acaranya), barengan sama keluarga besar. saling membantu satu sama lain, saling ngingetin satu sama lain biar ngga ada satupun yang kelupaan.oiya, misa syukur kemaren sekalian merayakan ulangtaunku ke 20, juga ulangtaun sepupuku yang hari ulangtaunnya beda sehari sama aku, tapiii masih 3 tahun. hehe.
aku sih nggak begitu ngikutin gimana persiapannya,soalnya waktu itu juga masih ribet sama urusan kuliah dan tetek bengeknya. pas udah agak reda kuliahnya baru deh ikutan. itupun juga nggak banyak, paling lebih ke acara misanya. hahahha. (sebenernya bantu gak sih saya ini??) wkwkwk
tapi setidaknya aku ngikut hecticnya h-1minggu. bener-bener kayak mau ngadain acara nikahan. yaoloo bener dah.
tapi semua terbayar sudah dengan suksesnya acara, ditutup dengan foto bersama sekeluarga. thanks God!

selesai acara, untungnya masih punya libur sampe tanggal 3 juli. sebelum akhirnya KP alias kerja praktek di wika realty majapahit. doakan saya yaa, semoga sukses KPnya. dapet ilmunya, dapet pengalamannya. dan bisa membaur dengan baik sama orang-orang disana.

oh iya, hari ini, pas lagi nonton copa america argentina, eeh si mama nyetel lagu. pas ditanya, lagu apa tuh ma? bagus. katanya sih dari tante. easy listening lagunya. lagu rohani gitu, lagunya regina pangkerego sama dewi guna, dkk. trus pas aku coba cari di youtube, lagu-lagunya emang bagus. dari kemaren2 pengen cari lagu rohani yang easy listening, tapi belom nemu. sampe dibela-belain ke disctarra segala loh. ahahaha.

~mau ngapain lagi yaaa~ lagi nunggu donlotan filem nih. serial sih sebenernya, ada 16 episode. hahaha. *ketawasupergaring*
mana koneksinya cuepeeeetttnyaaaa kayak pesawat jet YANG DIGENDONG SAMA KEONG!! alias selow kayak di moskow santai kayak di pantai. masih berapa jam lagi nihhhh? kalo nggak 6 jam ya 7 jam lagi. sabar yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,

inspiring :)

haloo semuaa.. aku mau share cerita inspiring nih.. barusan baca dari buku.. mungkin ada yang pernah baca/ dengar cerita ini dari kerabat/ sahabat... semoga juga menginspirasi bagi siapapun yang membacanya :)

Dr Lin Ting Tung adalah orang Taiwan pertama yang menjadi dokter. Ini terjadi pada akhir abad ke 19. Ia bekerja di rumah sakit kecil yang dirintis oleh Dr. Maxwell, seorang misionaris inggris. Ketika itu, tingkat kesehatan masyarakat di TAiwan sangat rendah dan cara pengobatan masih sangat sederhana.

Pada suatu hari, seorang anak datang ke rumah sakit itu dan meminta obat untuk ibunya yang sedang demam akibat malaria. anak ini berjalan lebih dari dua jam dari desanya ke rumah sakit melalui jalan setapak melewati hutan dan sawah. Ketika nama ibunya dipanggil, anak ini langsung bangkit dari bangkunya, meaih botol obat dan bergegas pulang.
Sore harinya pukul lima, ketika kamar obat akan ditutup, seorang perawat tampak bingung dan berbisik, "Dokter Lin, botol obat untuk pasien malaria masih ada disini. Tetapi ada satu botol yang hilang, isinya disinfektan." Dr. Lin terkejut, diperiksanya botol yang tertinggal, benar isinya obat malaria. Jadi, anak tadi membawa botol yang salah!
Botol-botol di kamar obat itu memang berbentuk sama dan berwarna sama, lagipula baik obat malaria maupun disinfektan sama-sama berupa cairan. "Celaka kita. Ibu itu bisa mati. Disinfektan itu obat keras pembunuh kuman untuk kamar operasi. Kalau sampai diminum, usus bisa terbakar dan orang itu akan mati," ujar Dr. Lin dengan wajah pucat. Segera mereka melaporkan peristiwa ini pada Dr. Maxwell. Ia juga terkejut. "Sekarang pukul lima, anak itu pergi dari sini pukul tiga, jaid ia sudah hampir tiba. Tidak mungkin kita mengejarnya. Kita tidak tau jalan ke desa itu," ujar Dr. Maxwell.
Dr. Maxwell termenung,lalu ia berkata, "Mulai hari ini semua obat keras tidak boleh diletakkan di atas meja. Sekarang panggil semua karyawan untuk berkumpul, kita akan berdoa."
Begitulah semua orang yangbekerja di rumah sakit itu berkumpul dan berdoa. Dr. Maxwell berdoa, "Tuhan, kami telah membuat kecerobohan. Ampunilah kami. Nyawa seorang ibu sedang terancam. Tolonglah dia, cegahlah dia agar tidak meminum obat yang salah itu...."
Malam harinya, Dr. Lin berdinas malam. Ia harus bertanggung jawab atas kematian ibu ini. Esok harinya, ketika masih subuh pintu diketuk. Ternyata itu adalah anak yang keliru membawa botol. Mukanya pucat ketakutan. Dr. Lin juga takut. Kedua orang itu berdiri saling memandang dengan gugup. Kemudian anak itu berkata, "Maaf dokter. Kemarin saya bawa botol itu sambil berlari, lalu saya jatuh, botol itu pecahdan isinya tumpah." Dr. Lin yang masih terpaku karena gugup,langsung bertanya, "Kapan jatuhnya?" Anak itu menjadi makin ketakutan, "Maaf dokter. Saya baru datang sekarang. Jatuhnya kemarin sore menjelang gelap." Dr. Lin langsung ingat. Menjelang gelap itu adalah saat ketika semua karyawan berkumpul mendoakan ibu anak ini. Jiwa ibu tertolong, isi botol yang salah itu tidak sampai terminum, karena botol itu pecah di tengah jalan.

Si anak pulang membawa botol obat sambil berlari. Ia ingin cepat-cepat memberikan obat ini kepada ibunya. Ia ingin menunjukkan baktinya kepada ibunya. Ia ingin ibunya cepat sembuh. Anak ini tidak mengetahui bahwa botol yang sedang dipegangnya berisi racun. Ia tidak bisa membaca. Ia buta huruf.
Anak ini berlari terus. Jalan dari desa ke rumah sakit di kota sangat jauh. Perginya dua jam, pulangnya dua jam. Ia letih. Lalu, tiba-tiba ia tersandung dan jatuh. Mungkin dia terluka, tetapi yang paling celaka botolnya jatuh dan pecah, cairan isinya tumpah di tanah.
Bayangkan bagaimana perasaan anak itu. Ia kecewa, sedih dan takut. Bagaimnaa kalau penyakit ibunya makin parah? Bagaimana kalau dokter itu marah? Anak ini sangat terpukul oleh pecahnya botol.
Saat itu ia belum tahu bahwa justru terjatuhnya botol anak itu menolong nyawa ibunya. Mungkin orang lain akan tersenyum, "Ah itu cuma kebetulan," Namun orang percaya akan bersaksi, " Tuhan bisa bekerja melalui sebuah peristiwa kebetulan" Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia."

"Segala sesuatu" berarti segala keadaan atau segala kejadian, baik berhasil maupun kejatuhan. Kejatuhan dapat berbentuk musibah, penyakit atau kegagalan. Seringkali dikira bahwa Tuhan hanya hadir dan bekerja dalam keberhasilan. Padahal Dia juga hadir dan bekerja dalam kejatuhan untuk mendatangkan kebaikan.

suddenly..

haloo semua apa kabar? hehe
hmm, aku mau cerita ah.. hehe. hari ini sungguh melelahkan. muter-muter dari semarang selatan-utara-barat-selatan lagi-lalu pulang ke kota kelahiran *halah. hehe. iya, aku dan temen2 lagi nyari tempat buat kerja praktek di konsultan2 gitu. dari 3 konsultan yang mau kita daftar, salah satu diantaranya memiliki alamat yang susah banget ditemukan. mana tempatnya jauuuuh banget, di deket bandara (yang notabene kami kami ini dari tembalang gemilang) hehe. mana panasss hot hot pop lagi. lengkaplah sudah. tapi akhirnya setelah nanya ke beberapa orang penduduk (berkali kali nanya), dan nanya ke pak polisi juga (astojim banget,bukaan??) akhirnya kita nemuin alamatnya. tau nggak, kita nemu itu alamat bukan karena info yang kita dapet dari tanya2 orang itu. ngikutin petunjuk mereka malah nyasar2 kemana2. (ini mungkin pada dasarnya kami yang disorientasi arah ato gimana yak, hahhaha). karena nggak sengaja liat plang iklan yang menuliskan jalan yang namanya sama dengan alamat yang ingin kami tuju. lalu kamipun ngikutin aja tu arahnya plang iklan, disertai permainan feeling yang kuat.akhirnya sih ketemu juga alamatnya, meskipun bentuk kantor konsultannya ngga kayak yang kami bayangkan, soalnya emang lagi direnovasi. hehe. jadi yaa banyakk tukang sama peralatan pembangunan lainnya. bossnya lagi pergi pula. yasudah, kami cuma nitipin surat aja.

Sebelumnya, kami bertiga(ohiya lupa bilang, saya berpetualang bersama para bolangers, ber dan bon) ke daerah pecinan yang mana terletak di semarang tengah dan sekitarnya. disana kami ke kantor konsultan juga. seru deh, mau daftar kerja praktek pake diinterview segala buat seleksi, katanya yang daftar disana banyak, jadi musti diseleksi. dan mereka cuman nerima 2 dari kami berempat (saya ber bel bon). yaa pengennya sih saya bisa diterima disitu.. tapi berserah sajalah.. saya sudah berusaha yang terbaik kok :)




hmm, pokok pembicaraan sebenarnya bukan pada kerja praktek dan touring kota semarang. untunglah tadi kita nggak ke kantor konsultan yang satunya lagi, di daerah ujuuuuung bangetnya majapahit alias di semarang timur. mamfus aja kalo kita juga harus kesana. bener2 touring tamasya deh tuh. hahaha.
hmm, saya mau cerita nih. tadi di bis, dengan muka 'ladies yang lediss' alias muka capek-kayak-tikus-kecebur-got, saya ngeliat ada anak (mungkin seumur anak SMP) naik bareng seorang yang kalo disebut mamanya juga terlalu tua, tapi kalo dibilang neneknya juga masih kemudaan. eeh tapi beneran itu neneknya. soalnya, waktu tempat duduk di bis penuh, ibu-ibu ini bilang sama anak tadi, "yaudah, ella duduk situ, yang Ti(YANG TI = EYANG UTI) disini yaa. aku memandangi mereka. anak itu keliatannya habis jalan2 deh sama eyangnya. hehe. *soktau. habisnya bawa barang2 belanjaan gitu di tas plastik, dari swalayan tadi mereka naik bisnya.
kalo saya boleh ngarang cerita nih, anak itu habis kenaikan kelas, trus dihadiahin sama eyangnya, dibeliin apaa gitu. ;p ini ngasal aja sih. dan ternyata, pas turun dari bis, saya kan masih harus naik angkot lagi tuh buat sampe ke rumah. eeeh ternyata si eyang uti dan si cucu tadi, naik angkot yang sama kyk saya. karena tempat duduk penuh, si eyang uti itupun bilang sama cucunya "masih bisa duduk nggak, La? apa mau yangTi pangku sini..." tapi ternyata anak itu masih bisa dapet tempat duduk meskipun sempit2an.

tiba-tiba saya jadi inget mbah putri saya..
sekarang, saya cuman punya 1 mbah putri, yang dari papa. mbah putri yang dari mama, udah dipanggil Tuhan 8tahun lalu. saya jadi inget dulu.. mbah putri sering menemani saya belajar, menemani saya bermain, nggak cuman menemani tapi juga ikutan.. mbah putri yang sabaaaar banget. jadi inget deh dulu kalo dimarahin mama pas ada mbah putri, eeeh malah mama yang gantian dimarahin mbah. hehe. dulu seneng,ngerasa dibela. tapi lama2 sadar juga, nggak mendidik kalo kitanya salah tapi tetep dibaik2in.hehehe.
saya inget banget, dulu kalo ada prakarya kerajinan tangan dan kesenian ato bahasa gaulnya KERTANGKES, mbah selalu bantuin. hehe. trus mbah juga ngajarin saya belajar. bahkan waktu belajar saya jadi teratur. kalo biasanya jam 5 /setengah 6 sore baru pulang dari dolan, kalo sama mbah, jam 6teng harus udah siap belajar. jadi sebelomnya ya buat tidur siang biar malemnya ngga ngantuk pas belajar.

inget deh, dulu pas terima raport, pernah tuh aku disuruh ke sekolahnya mbah(ohiya, dulu mbah putri itu jd kepsek di salah satu SDnegri di deket rmh saya sekarang), dan mbah dengan bangganya nunjukin itu ke temen2nya. *padahal jujur aja saya nggak begitu bangga sama nilai raport saya. haha. suwerr. inget banget itu jaman kelas 4SD, nggak pake les. dan kerjaannya tiap hari dolaaaaaaaaaaann terus sm temen2. hehe.

Mbah selalu enak kalo masak. apapun makanannya.kalo aja di surga ada tukang delivery makanan, bisa deh tuh saya di delivery-in masakannya mbah putri. :9

Dulu saya selalu cerita sama mbah putri. semuanya. kalo saya lagi sebel sama temen, kalo saya lagi males belajar, apapun. Mbah mau gitu, dengerin ceritanya bocah ingusan yang pasti isinya juga seputar temen2 main sama males belajar. hehehe.

she's really great woman.*astaga, mengingat semuanya bikin mata saya basah. hahaha.* :'(

saya kangen beliau... kalo lagi ada masalah gitu, berandai-andai beliau bisa tau.. beliau bisa kasih solusi dan nenangin saya.. ya, saya bukan tipe orang yang mudah buat cerita sama orang kalo ada masalah. nggak tau kenapa, percaya sama orang itu nggak mudah.. tapi saya yakin, Tuhan ambil mbah putri dan memberikan orang-orang terbaik lainnya yang hebat, di sekitar saya. miss you, grandma :*

sekarang, saya masih punya satu mbah putri.. yang juga sayang sama saya. kalo mbah putri yang dari papa, nggak mudah mengungkapkan kasih sayang lewt kata2..tapi, saya selalu tau, ketika mbah putri mulai berkaca-kaca matanya, itu tandanya mbah putri bangga.. terharu..

sesuatu yang ngga bisa diungkapkan lewat kata-kata, tapi dengan ekspresi:))


i love you both, my grandma..


Thanks God, You give them to me.. they're great women I ever known.
hmmm, suddenly.. tiba2 aja gitu ngerasa kangen dan bersyukur punya mereka..
thankyou for teaching me so many things.. :*

wishlist

hello semuanyaa :)

hari ini menjelang detik detik pergantian tahun (hehe, khusus buat saya aja kok...), aku mau sedikit flashback ke setahun terakhir. perjalanan hidup yang nggak datar. penuh warna. sedih ada, seneng ada, bangga ada, jahat ada, marah ada, stress juga ada. pokoknya lengkap.
Thanks before, God.. for all these things..
Semua punya pembelajaran. se-nggak menyenangkan- apapun itu, pasti ada maksud dibalik itu semua. Proses pendewasaan itu terus Tuhan lakukan untuk membentuk pribadi saya menjadi lebih baik..

Kekurangan itu tetap ada. dan masih banyak lagi yang perlu dipelajari dan dikembangkan..
Maaf untuk beberapa pihak yang mungkin masih nggak nyaman sama sifat saya. yang mungkin menginginkan perubahan dari dalam diri saya, dengan 'caranya'. ya, saya akan coba untuk menjadi lebih baik. tapi boleh saya minta tolong? ketika saya sedang belajar dan berproses untuk menjadi lebih baik, jangan pernah ada judgement yang aneh2. apalagi kalo judgementnya dikatakan seenak jidat. kan nggak pas ya, namanya orang sama2 berproses.. yaa saling menghargai ajalah... saling support.. bersama kita pasti bisaa! huyeeeeaaaahh.

Terimakasih untuk semua yang selalu mendukung dan ada buat saya. keluarga, teman-teman, sahabat. you guys, ROCK!! maaf sering merepotkan. maaf kalo masih sering tergantung..
Buat yang bilang saya itu RIBET, suka bingungan,panikan dan terkesan lambat mengambil keputusan, saya hargai kok pendapat kalian. terimakasih ya, pendapatnya. semoga tahun ini saya bisa perbaiki. semoga Tuhan beri kesempatan itu..

wishlist tahun ini (di usia ini) :
...
-
-
-
-
-
-
-
(sebentar yaa saya tulis dulu. nanti kalo nunggu saya, malah kelamaan)

last but not least,
Welcome kepala dua. i heart yu lah pokoknya. gubraks.

smileeeeeeeeeeeeeeeee :)

pembelajaran tidak selalu bisa kita dapatkan sama orang yang lebih tua daripada kita. belajar tegas, bisa sama siapapun.

dan saya belajar dari dia. yang notabene tingkat kedewasaannya ada di bawah saya. dengan pemikirannya yang sederhana, dari segala ketegasan dan ketus-semi-jutek-nya, saya belajar.

"buat apa mempertahankan seseorang yang 'tidak terlalu' mempertahankan kamu? nggak usah terkesan NGEMIS-NGEMIS untuk itu. siapa dia? situ oke? jangan ngobral maaf. pikirkan, bener nggak kamu yang salah. katakan selagi KAMU BERSALAH BANGET. kalo nggak, ya ngapain? bukannya cari wibawa. tapi aku nggak mau kamu diremehkan cuma karena kamu terlalu baik."

plak! kata2 yang keluar dari seorang yang nggak pernah saya kira sebelumnya, bakal ngomong kayak gitu. keras, tegas, tapi kena. dalem.

memang nggak semua yang dia bilang itu bener. masak iya, nunggu tau kita bersalah banget baru minta maaf? tapi yang dia bilang itu tegas. semuanya.

malu sihh, kok malah anak kecil (ups, i think she isn't child anymore) yang ngajarin, yang ngasitauin. tapi nggakpapa. belajar bisa dimana saja. kadang pribadi seperti dia yang bisa saya andalkan untuk sesuatu yang saya sendiri nggak bisa selesaikan.

hey friend, i've done my best for you. ya sebisa saya, sudah saya lakukan. perkara itu selalu tidak benar dimata anda, itu terserah. saya juga capek, mameeen. selama ini saya berusaha memahami anda, karakter anda, dan segala sesuatu yang anda lakukan. tapi sekarang saya sampai di batas kesabaran saya.

saya bukan tipe orang yang mudah untuk 'pengumuman' sama orang2 tentang apa yang sedang saya rasakan, di sebuah media yang langsung dilihat orang banyak (misalnya jejarsos). karena orang lain hanyalah orang lain. yang tau saya ya hanya saya, sahabat, dan keluarga. 'pengumuman' tidak memberikan solusi yang baik untuk masalah saya.
yaaa kadang saya tulis di blog ini. tapi demi apa, yang tau alamat blog ini juga tidak banyak. hahaha.

tapi kan orang beda2.. ada yang merasa lega kalo dia sudah menumpahkan semua yang dia rasakan. saya menghargai bagaimanapun cara anda untuk berkespresi, SEJAUH tidak mengganggu orang lain.

anda bisa komunikasikan langsung pada saya tentang apa yang tidak anda suka dari saya. kritik buat saya justru kan bagus, biar saya jadi lebih baik. menyindir bukan alternatif yang baik untuk menyelesaikan masalah.

saya nggak mau bicara banyak. nanti dikira ini pembelaan diri,lagi.
saya hanya mencoba mengatakan apa yang saya pikirkan dan rasakan. blog ini adalah tempat saya berekspresi-tanpa-mau-cari-masalah. itulah kenapa saya nggak pernah sebut merk disini. *iya kalo sebut merk ntar suruh bayar, dikira iklan*
jadi jangan pernah protes sama apa yang saya tuliskan disini. #hahaha, sarkas amat sih mbak#

hey adek yang jutek dan ketus dan tegas!

hehe. i'm so proud of you. you're great.really. thanks for your BIG support. lop yu pul dah pokoknya. hehehe. keep jutek,dek!
oh iyaa, thanks juga buat besties saya, terimakasih juga sudah mau jadi tong sampah. kelamaan jadi tong sampah, lama2 mukanya kok jadi mirip sama tong sampah? *nahlo* ehehehehehe. piss laugh en gahul.

NOW, JUST SMILE!! when I smile..

when you smile


when we smile..


LET'S SMILE!