madre pio

halo semuaaa, kali ini aku mau cerita soal madre pio. apa sih madre pio? mau tau? yakin? pengen tau banget? kebelet pengen taunya? masak sih? ututututuuu. hahahah*annoying*

jadi begini, terinspirasi dari tulisannya dewi lestari soal madre, aku jadi inget. dulu jaman SD, mama pernah dapet dari temen mama, adonan yang namanya madre pio. madre itu biang adonan kue yang ngga bakal busuk sampe kapanpun, kan memang itu isinya ragi roti, dan kalo kia mau bikin roti pake biang itu, caranya gampang tinggal biangnya dicampur sama tepung sama air. setauku sih yang penting dimasukin kulkas, masih baik2 aja biangnya.bahkan takaran tepung sama airnya ada di satu resep. pokoknya pas dikasih adonan itu, mama juga skalian dikasih resepnya. bentuknya kuranglebih kayak gini nih.

dulu, madre yang mama dapet itu, ada filosofinya dari tempat ibadah. itu melambangkan tubuhNya, yang tidak akan pernah habis dan selalu bisa berbagi sama semua orang. pokoknya setiap orang yang mendapat adonan madre itu, wajib memberikan sebagian adonan madre itu kepada orang lain. jadi misalnya, mama dapet dari temennya. trus kan itu adonan dicampur lagi sama tepung sama air, dan disisihkan sebagian buat dikasihin ke orang lain. sebagian lagi dibikin kue.


aku inget banget makan kue madre itu rasanya enaaaaak banget. hmmm, sambil baca madre, sambil membayangkan makan kue madre yang waktu itu. haha.

*adonan itu akan selalu ada terus dan terus, tanpa membusuk. dan selalu bisa digunakan untuk berbagi. namanya juga biang. dia memberikan kenikmatan buat semua orang. dia bisa digunakan dan diolah buat siapapun*

0 Response to "madre pio"

Posting Komentar