The right person will.

The right person won’t love you only for your body. the right person won’t beg you for sex every time you’re within five feet of them. the right person won’t cheat on you. the right person won’t ever intentionally hurt you, physically or emotionally. they won’t tell your secrets or lie about your relationship to others or be embarrassed by you.

the right person will love you for the way your hair looks in the morning. they will love you for the face you make right before you sneeze. they will love you for the way you look at your idols, and for the wonder in your eyes when you look up at the stars. they’ll love you for the way you tilt your head when you write, or for the way you lick your lips before speaking. they will love you for putting your left shoe on before your right.

they will ask you before making a move they have never made before. they will ask you if you are comfortable with them touching you. they will be gentle unless you tell them you desire otherwise.

they will order you water without ice, because they know that ice water gives you headaches. they’ll understand your mood swings. they will hold your hand and tell their friends about you. they will take pictures of you sleeping, eating, talking, just because they think you’re beautiful. they will help you do your hair and hold your bags while you go shopping. they will sit through movies they have no desire to see because it doesn’t matter what you’re doing as long as they’re with you.

they will hold you as you fall asleep, and hold their urine in as long as possible so they won’t have to wake you. they’ll let you keep the blankets when you unknowingly pull them away in your sleep. they’ll make you soup when you’re sick, and make your favourite kind of tea when your throat hurts. they’ll eat the cherries off of your ice creams because they know you don’t like cherries. they’ll call you just to hear your voice. they won’t let you make rash decisions when you’re sad or angry. make sure you aren’t with someone who hurts you in any way. respect yourself. it doesn’t matter if they’re cute, or have abs, or if theyre popular. if they hurts you, they arent worth it. repost from @poemsporn_

SELAMAT ULANGTAHUN MERANTAU!

Hai, very longtime no see.
Kangen coret-coret disini.

Dua tahun berlalu di kota ini. beratus-ratus kilometer dari hangatnya rumah, hangatnya kampunghalaman. 2minggu lagi, tepat di tanggal 13 Mei, genap 3 tahun usia perantauan. Thanks God, telah memampukan aku melewati proses luarbiasa ini. Tidak menyangka akan sampai di titik ini.

Sepertinya level mandiri dan level kesabaran ada kenaikan level setelah lewat 3 tahun ini. Level mandiri bisa lebih rajin masak sendiri di mess, bisa lebih mobile ngga tergantung sama oranglain karena ada motor sendiri hehehe. Memang tidak seberapa meningkat sih, tapi ada kemajuan.
Level sabar juga naik berlipat2. Dalam hal pekerjaan, relasi dengan rekan kerja yang tidak semuanya memiliki kepribadian yang cocok sama aku. Namun tidak ada yang harus dirubah dari mereka. Yang diubah adalah caraku menyikapinya. 
Apalagi kalau lagi banyak kerjaan, ada masalah sama temen, pacar lagi ekstrasibuk ngga punya banyak waktu buat dengerin cerita, lingkungan sekitar lagi nggak aman, dan nggak bisa banyak cerita ke orangtua. Terimakasih Tuhan.

Ada kalanya, menekan diri untuk memaklumi kesalahan orang, memaklumi hal-hal yang ngga sesuai sama keinginan tapi disaat yang sama kita juga butuh dimaklumi. Harus mengerti sementara di saat yang sama juga ingin dimengerti. Menasehati dan beri solusi buat curhatan orang sementara dalam diri sendiri ada banyak pergumulan yang belum terpecahkan.
It's totally amazing how God works on me in that moment.

Teringat satu moment yang tak terlupakan di tahun 2015. Ada titik dimana rasanya ingin sekali menyerah. Kepercayaan diri tumbang setumbang-tumbangnya. Dan gak tau kenapa tiba2 kepikiran buat ngubungin tante dan om di Leeds. Yang lagi sama2 merantau juga, bedanya mereka merantau lebih jauh di Inggris sana dan dalam rangka lanjut sekolah, sementara aku disini dalam rangka bekerja. Setiap hari selama seminggu itu, kami selalu tukar2an doa. Saling mendoakan satu sama lain via whatsapp. Kadang tante kirim lagu yang dia mainkan di pianonya. Lagu-lagu pujian. Dia mengajak aku untuk mempraktekkannya juga ke keluarga dan pacar. Bisa saling mencurahkan isi hati lewa doa singkat pagi dan malam. Ngga butuh banyak waktu, 2menit cukup untuk ngetik dan dibaca dalam hati. Namun sepertinya karna keterbatasan waktu dan mungkin kesibukan, ngga berjalan lama.
Tapi yasudahlah, semuanya kan kembali ke hati masing-masing. Tidak perlu memaksakan diri.

Luar biasa Tuhan bekerja lewat om dan tante. Mereka doakan aku dari sana, mereka bilang, lihat hasilnya 1 bulan kedepan ya nak. Tuhan melihat semua itu. Terbukti. Keadaan menjadi lebih baik. Kepercayaan diri lebih tumbuh, lebih ada.

Karena merantau memang hidup sendiri, jauh dari keluarga, tapi aku TIDAK BENAR BENAR SENDIRI. Karena aku punya Dia, yang selalu ada waktu buat aku.

Selamat ulangtahun merantau. Semoga perjalanan kita selalu diberkati Tuhan.
Semoga proses ini semakin indah untuk dinikmati.