OUR SWEET ESCAPE (Part 1)

Haiii everyone!
Long time no see! *brb bersihin sarang laba2 di blog*
Kenapa ya setiap nulis disini selalu sambil bersih2 sarang laba2 πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚  Karena menulis itu butuh timing, butu waktu, butuh moment. Ga se-instan instagram, path dan social media lain yang kalo mau ngepost hanya dengan satu sentuhan aja udah langsung cus.
Okey bytheway anyway busway.. Aku mau cerita deh, satu sweet escape sama suami tercintah *aihhh beberapa minggu yang lalu. Destinasinya coba tebak.... apa? Bali? NONONO. Lombok? Pengennya sih.. taun depan deh lagi (*colek suami)😝😝 Semarang? Oh itu jalan bolongnya pun kami sudah hafal *lebay *anak minuman tehtarikcendol* πŸ˜‚
Karena Indonesia yang terlalu indah untuk dikunjungi dengan pesonanya, makanya kita pilih destinasi Hongkong dan Macau. *LAAHHH. Kenapa pilih hongkong dan macau? Karena kami jarang banget punya cuti sepanjang ini, kalo wisata Indonesia ada lahh nanti waktunya diaturkan kesana. Yakann shayyy? *colekmanjaa suami tercinta HAHAHAHA.
Selain libur panjang yang langka, alesan kita pilih HK dan macau adalah ngga ribet pake visa dan harga tiketnya kemarin ada promo diskon banyak dengan bermodalkan kartu kredit temen (ohmyGod, modalnya pun minjem temen) tapi langsung dibalikin donk. Kami ga suka ngutang, kami sukanya digratisin.
. Oke kembali ke leptop, jadi kami baru pertama kali liburan keluar negri bareng berdua. Yaiyalah namanya juga hanimun. *uhuy* Dan kami memutuskan untuk jalan sendiri tanpa tour& travel. Sebetulnya agak nekat sih ini, karena acuannya cuma googling, maps, cerita blog orang, ga ada temen juga yang tinggal atau belajar disana. Kami berdua bagi tugas, aku bagian susun itenerary dan booking tiket masuk ke tempat wisata disana, dan suami bagian pesen tiket pesawat dan hotel.

Jadilah kami berangkat dari Semarang, 18 April 2018 pesawat Singa Udara. Kami ambil pesawat yang tanggung jamnya, ga terlalu pagi dan ga terlalu sore, jam setengah 12 siang sampai di bandara.

Di Bandara Soetta harus pindah dari terminal kedatangan Singa Udara ke terminal 2. Masih banyak waktulah untuk makan siang dulu, dan pindah terminal serta serba serbinya, kali aja di imigrasi ada harus mengurus ini dan itu yang mungkin butuh waktu.  Juga mengantisipasi kalo Singa Udara ini lagi kumats ,dan delay, ulala.. Jadi kami spare waktu lebih untuk ini.
Setelah makan siang, kami cari money changer karna hari sebelumnya kami bener2 ga sempet buat ke money changer.  After wedding masih adaaa aja acara dan masih banyak tamu juga. nilai tukarnya pas browsing internet sih 1HKD= 1767 rupiah kl ga salah. Tapi karna di bandara, kami dapet 1HKD=1800. sebetulnya ada sih yg jual 1788 tapi stoknya pas kosong, yaudalah belom rejeki. hehe. Lagian kalo harus cari diluar bandara sepertinya bakalan beresiko, takut macet dll. Karna yang direkomendasiin temenku itu money changer di jakarta pusat, jauh dari bandara.

Penerbangan ke Singapura via Singapore Airline jam 5 sore pesawatnya. Dan berangkat ke Hongkong dari Singapura itu jam setengah 8 pagi hari Kamisnya tangal 19 April 2018. Kami memang sengaja ambil transit yang agak lama di singapur, niat hati mau jalan2 di singapur malemnya. Jadi sambil menyelam minum wine *kemudian sakitperut*
Berhubung suami saya ini orangnya memang superontime, jadi dia lebih baik nunggu lama daripada terburu2, jadilah kita checkin di counter Singapore Airline itu kepagian. Tapi untungnya udah bisa cekin sih..πŸ˜†  sudah dibuka counter cekin untuk penerbangan kami.

Singkat cerita, tibalah waktunya untuk kami masuk ke pesawat.
nyaman bingit
Sesampainya di singapura, kita muter2 aja di bandara sambil membunuh waktu. Tadinya sih mau liat singapur di malem hari, tapi apalah daya jam kedatangan kita ga ngejar sama tour gratis keliling singapur yang ada di Changi Airport. Telat 1 jam dari jam tutupnya pendaftaran.
Berhubung kami ga nuker dollar SG, males juga nuker uang lagi di bandara changi cuma buat liat2 pemandangan Singapur malem hari,  jadi kami gak keluar bandara, ribet juga sih kayaknya harus mengurus imigrasi lagi kalo kami mau jalan2 liat kota Singapur. (dan udah pernah juga sih sebetulnya, yasudahlahya). Alhasil kami keliling2 aja di Changi memanfaatkan segala faslitas di Bandara. Kalo di Changi transit 11 jam juga happy aja, bayangin kalo transitnya di Bandara lokal di Indonesia.. ehehehe. sebelas jam. 😑
Oiyaa kedatangan pesawat kami dari jakarta itu di terminal 2 Changi, dan kami terbangnya besok paginya ke HongKong itu via terminal 3, jadi kami naik shuttle bus  ke terminal 3.

shuttle bus dari terminal 2 ke terminal 3

Nyari taman dan eksis always

menunggu boarding

ada movie theatre juga tapi kursinya gak pewe buat tidur jadi kami pindah, gak nyimak filemnya. HAHAHA
si anak suka pijet, kesenengan nemu ginian di bandara😁

sumber : pinterest, ini sih mirip2 lah tempat bobok yang FINALLYYY kami dapetin di terminal 3. Tapi kayanya bukan yang ini sih. kami ga sempet fotoin karna udah capek banget. Pas banget ada Bule bangun dari singgasana nyaman ini dan kita cussss mengincarnya. sikaaattt.

Paginya kami berangkat jam setengah 8 pagi menuju HK, dan tiba di HK jam set 12 siang. Sesampainya di HK, kami langsung menuju counter pembelian Octopus Card buat kemudahan transportasi kami selama di HK.  Harganya 150 dollar, saldonya 100 dollar dan ada deposito 50 dollar di kartunya, katanya sih bisa dibalikin kalo kita mau pas kita cauuu dr HK.
Ini penampakan bandara HKG

Dari bandara, kami naik bus nomor A29 ke arah hotel. Kami menginap di Penta Hotel, deket sama MTR Diamond Hill. Berhubung Airport express agak mehong, kami ambil pake bus aja HAHAHA.
Gampang banget petunjuknya untuk ke shuttle bus. Untung aja dari hotelnya ada email how to reach Penta hotel by any transportation. Jadi kita tinggal ngikutin aja. fare untuk sekali jalan adalan 42 dollar hongkong.
Kalo saranku,untuk kemudahan transportasi di HK, install aja aplikasi MTR pake playstore. And everything sooooo simpleee. mudah banget banget banget mau kemana aja tinggal klik locationnya dari mana mau ke mana, akan muncul rute MTR nya harus kemana aja, transit dimana aja dan berapa fare nya untuk sekali rute itu.

Then, sampailaah kita di Hotel. Segera beberes dan mandi karna udah 1,5 hari ngga mandi sejak berangkat dari Semarang. HAHAHAHA.
Beginilah kira2 bentukan hotel kami

Setelah selesai beberes, kamipun bersiap berangkat ke arah Tsim sha sui, makan siang , skalian cari international adaptor karna kami baru nyadar di hotel kalo ga bisa charge HP ataupun kamera, hehehe.  trus lanjut ke avenue of stars & symphony of light.
Berdasarkan trip advisor, kamipun menuju ke salah satu tempat makan dimsum yang reviewnya paling bagus dan harga bersahabat backpacker. Namanya Canton's Kitchen Dim Sum Expert, rasanya not bad sih, cuma kayak ada sayur daun apaa gitu yang rasanya wangi jadi eneg di lidah kami. FYI ini emang bukan tempat makan halal yaa, karna kami berdua pork mania. HAHAHA. Tapi kami pas kesana agak keblondrok kalo orang jawa bilangπŸ˜‚. Hal ini diakibatkan karna kami gatau porsinya seberapa gede. Dan ternyata setelah datang makanan, porsinya satu bisa buat berdua bahkan kekenyangan juga. HAHAHA. Alhasil kita bungkuslah itu makanan yang satunya lagi, dan endingnya ga kemakan, karna pasti besokan paginya udah ganti suasana dan ganti menu. Ga mungkin mau angetin makanan bungkusan lagi hahaha.

The avenue of stars

Oyaa kita juga sempet eksis di Salisbury Garden, itu sih sekomplekan aja sama area Symphony of Light, berhubung kita disana dari sore, ya udah skalian aja foto2 dulu hihihi.

Dannn kita nungguin disitu sambil foto2 di pinggir dermaga hehehe. Sempet salah spot nungguin Symphony of Light nya, akhirnya kita pindah jalan dulu karna symphony of light baru mulai jam 8 malam. Sayangnya pas nyampe disana, area symphony of lightnya lagi renovasi gitu, jadi lightnya doang kagak ada symphonynya deh 😭. Agak zonk sih jadinya.
Tapi baiklah, yang penting foto2 lagi HAHAHA.

Kami foto2 sampe sekitar setengah 9 aja trus balik ke hotel, menuju MTR Tsim Sha Sui East. Pas transit di MTR Hung Hom, kami sempet beli roti buat bekal besok, karna itenerarynya besok pagi adalah ke Maccau pagi2 banget, dan diprediksi ga sempet sarapan. Rotinya sangat enak, sayangnya lupa apa nama rotinya. Pengen nyari lagi buat dibawa ke Indonesia tapi ga sempet ngefoto kemasannya :(

Jumat, 20 April 2018
Yapp pagi2 kami udah berangkat dari hotel, sekitar setengah 7 an kita berangkat menuju HK Island Ferry Terminal. Naik MTR menuju ke Sheung Wan Station trus jalan kaki menuju ke Shun Tak Centre, di lantai 3, itu loket tiket dan boarding gate nya untuk antre masuk ke kapal. Mestinya sih dari hotel lebih deket ke Kowloon Ferry Terminal tapi karna kami beli via Klook nya HK Island Ferry Terminal jadilah kita mesti agak butuh waktu untuk kesananya. Kalo rekomendasi dari temen sih beli aja tiket turbojet dari klook, jadi pas disana udah ga mikirin beli tiket lagi. Sebetulnya pas kami kesana antrian pembelian tiket juga ga rame sih, bisa juga beli onthespot, tapi memang agak ada selisih harga sama klook. Lebih murah beli pake klook, terpaut dikit aja. Kami ambil jam penyebrangan jam 8.15 dari HK. Perjalanan menempuh waktu sejam aja untuk sampai di Maccau Ferry Terminal.  Di HK ini agak lebih semrawut sih menurutku pengaturan keberangkatan penumpangnya, dibandingkan pas pulang dari Maccau. Karna disini kalo kapal datang, dan ada penumpang, dibolehin masuk. Jadi pas kami kemaren ga dicek detail jam di tiketnya. kami berangkat jam 8 kurang, udah bisa naik kapal. Ya ada untungnya sih buat kami datang kepagian di HK Fery terminal itu.

Setibanya di maccau fery terminal kami langsung naik shuttle bus ke venetian maccau, lumayan gratis shuttlebusnya. Masih pagi banget kami nyampe disana, bahkan itu shopping centrenya banyak stand yang masih pada tutup. hehehe yaiyalah.

Entah karena itenerary kami yang kurang mateng atau kurang info, tapi kami ngerasa perjalanan di maccau ini transportasinya agak susah ga kayak di HongKong. Di Maccau, kalo mau kemana-mana, alternatifnya cuma 3, pake taksi, pake bus, atau pake gratisan shuttle dengan resiko bolak balik ke Maccau Ferry Terminal (yang ini sih makan waktu jadinya). Karna kami ga nginep di Maccau tapi langsung pulang ke HongKong malam harinya, jadi harus bener2 atur waktu selama di Maccau supaya dapet semua destinasi2 kece nya.

Destinasi pertama yang kita kunjungi pas di maccau ini adalah Venetian Maccau. Kemarin kami beli tiket Venetian Maccau Gondola via klook, tapi ternyata standnya baru buka jam 11 siang, karena penukaran kupon tiket itu dilakukan di salah satu toko disana namanya Boutique Di Gondola. Akhirnya kami nungguin sambil foto2 disana. Agak sayang sih waktunya.

Sekali menyelam minum air, kitapun skalian ke The Parisian alias ke menara Eiffel jadi-jadian yang ada di Maccau.

Dari The Parisian, kita ke tempat Shuttle Bus nya Venetian Maccau, untuk kembali ke Maccau Ferry Teminus buat ganti Shuttle Bus lagi untuk membawa kita ke Senado Square, St. Paul Ruin, Gereja St Dominiq dan sekitarnya. Akhirnya kita naik Shuttle menuju ke Grand Lisboa dari Maccau Ferry Terminus. Sampai disana kita harus jalan kaki menuju ke Senado Square, jauh juga jalannya mengingat kaki kita udah gempor dan cuaca pas lagi panas, agak ngga mood gitu deh mana laper pulaakk. Belajar dari pengalaman, mestinya naik bus aja turunnya lebih deket. pas banget depannya senado square. cuma kita gatau rute2nya jadi cari aman kita pake shuttle bus.

Yaampunn kita sepertinya salah timing. HAHAHA. Hari Jumat ternyata daerah itu seperti layaknya lautan manusiaaaa. Baru sadar China itu penduduknya paling banyak ya di dunia, mungkin sebagian ada yang nyipratin Maccau hari itu, jadi tupeh ruehh disana.  Jadilah kita bagaikan butiran debu diantara buanyak orang. Rata2 pendatang juga sih kayaknya. Ohya, gak lupa kita icipin egg tart nya Koi Kei, buat saya itu udah enak banget. Kata orang2 sih mestinya yang paling enak di Margaret cafe e nata, tapi yasutralahyee, nge-maps Margaret cafe e nata ternyata uda kelewatan mestinya pas kita mau jalan ke senado square dari arah grand lisboa.

Pas nyampe senado square dan abis foto2, kita mau naik ke ruin st paul. tapi lapar sekali. dan kami menyesal ngga naik dulu ke ruin st paul, padahal ada pork chop bun, dan berbagai makanan tidak halal yang enak itu. malahan kita makan di sebrang senado square, takut ga kuat naik sih makanya kami makan duluan di bawah. hahahha. Sebetulnya dari Ruin St Paul, saya sih masih mau naik ke mount fourtress, tapi jam menunjukkan pukul 4 sore dan kami gatau kenapa was was ketinggalan ferry , padahal kami beli tiket jam 8 malam.  HAHAHA. Kan gatau antriannya di imigrasi, belom lagi transportasi dari satu tempat ke tempat lain selain shuttle bus gratisan dari Maccau Ferry Terminal memang makan waktu juga. Jadi okelah kita capcus aja keluar dari area Senado Square. Eits, sebelomnya kita sempet ngintip dibelakang ruin st paul itu ternyata beneran sisa fasad depannya doang, dan bisa berdiri kayak gitu karna belakangnya ditopang sama baja2. Betul2 seperti kamu gitu, bisa berdiri tegap sekarang karna ada aku yang menopang. *elaaaaaaaaaaaahhhh.

Oke next destination kita ke Maccau Tower. Untuk ke haltenya kita mesti keluar masuk tempat cassino yang gede banget dan rame banget. ckckck. kata orang maccau itu mini las vegas. hahaha.
Duh lupa deh naik bus nomor berapa ya kemarin ke maccau tower, kalo ga salah nomor 6 sih. Tapi di Tempat haltenya ada kok tulisannya. Kita udah beli tiketnya via klook untuk masuk ke maccau tower.

Disana juga ada tempat buat bungee jumping. Duh membayangkannya aja udah gemeter tangan dingin, hahaha. sebetulnya aku gatakut ketinggian, tapi ngga bungee jumping di maccau tower jugak seeehh -____- , selain terlalu antimainstream, mehong juga coy. jutaan begituhh yee. lumayan kan buat syoping ntar2 di ladies market HAHAHA. *mak mak wanna be

dari maccau tower, kita menuju ke Maccau Fisherman's Warf. Nunggu busnya agak lama sih kita dari maccau tower. naik bus nomor 23 atau 32 bisa juga ke maccau ferry terminal, trus tinggal jalan kaki aja deket kok Maccau Fisherman's Warf nya dari Maccau Ferry Terminal. Berhubung waktu udah menunjukkan jam setengah 6 sore, kita cuma foto2 aja di Maccau Fisherman's Warf , yang di bangunan mirip Colloseum di Roma itu.

Okay, segitu aja perjalanan wisata di Maccau hari Jumat. Abis itu kita balik ke Maccau Ferry Terminal buat nunggu keberangkatan kapal kita. masih ada 1 jam spare waktu kita sebelum keberangkatan. Lebih tertib sih kalo di Maccau Ferry terminal, jadi tiap jam keberangkatan punya boarding gatenya sendiri2. Jadi kalo tiketnya jam 8 malem meskipun ada kapalnya lebih awal dia ga bisa berangkat duluan.
Kita mau beli makan malem di Ferry terminal cuma kayak tanggung, ntar aja di hongkong dah. eeeehh taunya sampe deket hotel tempat makannya tutup HAHAHA. baeklaah, ngemil aja itung2 diet ye. *sedih. dan nggak mood.

bye maccau!

Sabtu, 21 April 2018
Today we gonna explore..........DISNEYLAANND! ihiy.
Berdasarkan hasil browsing sih bukanya jam 10, jadi kita jalan santai gitu dari hotel sekitar jam setengah 9, sempet sarapan dulu juga di sebelah hotel. dan aku menemukan tempat makan murah meriah tanpa mencret di samping penta hotel. HAHAHA.

Dan kitapun happy. hahaha. memang bukan khas hongkong yang gimana2 banget sih, biasa aja, semacem mcd gitu menunya, namanya red rice. tapi lumayanlah buat sarapan daripada makan pake roti sevel muluk yekaann? πŸ‘―
Habis sarapan kitapun jalan ke MTR Diamond Hill, untuk menuju ke disneyland. Rutenya gausah diceritain yee, install aja aplikasi MTR di playstore, hehe.

Lucu deh kretanya jendelanya mickey mouse trus di dalamnya juga gantungan yang buat orang berdiri bentuknya mickey jugaa. hihi.
Okaayy here we aree, in disneylaaannd!

Terbagi jadi zona Fantasy Land, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, Main street Usa dan Toy Story Land. mulai dari wahana yang ramah anak sampe tidak ramah jantung, ada semuanya disana. jadi disana kita pegang peta, jadi ngerti mau kemana dulu dan yang worthed dikunjungin itu apa aja.
Kita juga makan siang disana, dan lumayan sih harganya juga hehehe. setelah keliling tempat makan disana dan mensurvey harga yang paling masuk akal, tibalah kita pesen makan di salah satu resto. rasanya not bad lah karna kita kelaparan. hahaha. kemudian kita sempet cari2 barang cinderamata siapa tau ada yang bisa dibeli untuk oleh2 keluarga dekat, atau ponakan2 unyu kami dirumah.  cuma emang nihil hasilnya. hahaha.
Kita di disneyland bener2 seharian sampe jam 8 malem ga mau rugi hahaha. pas jam 8 malemnya kan ada parade dan semacam symphony of light all cartoon disney. jadi ada animasi gitu yang dipantulkan ke sepanjang dindingnya pertokoan di boulevardnya disneyland dengan backing sound lagu2 disney. kereeenn banget!! coba videonya bisa diunggah kesini, diunggah juga deh ahahaha.
memang setiap mau naik wahana kita mesti antre puanjang sih, tapi ya okelah, enjoy kok kami disana. itung itung ngobatin rasa penasaran, kayak gimana sih disneyland itu. AHAHAHA.
Dari disneyland kita lari cepet2 ke MTR terdekat karena udah kebayang gimana ramenya MTR yang ditumpahin lautan manusia.
Okay, sekian dulu part 1 perjalanan hanimun kami. dilanjut lagi di part selanjutnya kita masih eksplor hongkong yaa.
πŸ’—πŸ’•πŸ’—πŸ’•πŸ’—πŸ’•πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ‘«

0 Response to "OUR SWEET ESCAPE (Part 1)"