Teman

hei. ketemu lagi kita.
terinspirasi dari isu pembicaraan yang lagi booming belom lama ini, iklan salah satu media sosial yang lagi promosi aplikasi barunya, yaitu Find Alumni. dari situ, diangkatlah cerita film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) yang dulu endingnya nggantung engga jelas, sekarang dimunculin lagi setelah 12 tahun ilang gatau gimana ceritanya. Bahkan aku udah lupa, dulu tu endingnya film AADC kayak gimana. hahaha
Aku coba iseng2 bergabung di aplikasi find alumni dan memang nemu banyak temen2 lama mulai dari SMP, SMA, Kuliah. Baru menyadari aja gitu, sekarang mereka pada kemana ya? kok tiba2 ilang dan lost contact begitu aja. Keinget aja waktu masih sering main sama mereka, dan sampe sekarangpun aku nggak ngerti gimana awalnya sampe bisa se-lostcontact ini.
Ya, kita ngga bisa mempertahankan semua teman kita selamanya. Bukan maunya kita juga, hilang kontak sama mereka. tapi entah karena kesibukan masing2, atau karna waktu ketemuan sama mereka juga terbatas. Kalo mau ketemu satu angkatan, susahnya nyesuaiin waktu sama ber-banyak orang. Belom lagi, kalo udah ditentuin waktunya, di hari H adaaa aja yang beralasan entah ada acara mendadak ataupun memang males hadir, jadi engga lengkap.
Berjalannya waktu, kita akan dipertemukan dengan banyak orang baru. Sedikit banyak, orang2 baru itu pasti ada yang bisa dibilang "lebih sejalan" dengan pemikiran kita sekarang. Bukan berarti teman lama itu orang yang ngga sejalan lagi sama kita loh ya. tapi karena dipertemukan dengan kepentingan2 yang sama, kita akan lebih banyak berinteraksi dengan orang2 yang baru tersebut. Kadang kalau ini terlalu banyak menyita waktu, bisa jadi kita "terlalu asik" dengan itu dan tanpa disadari, intensitas komunikasi sama teman lama bisa berkurang dan lama2 ilang sama sekali.

Ada temen dari TK yang lost contact sejak masuk SMP, tau2 ketemu di facebook eeeh udah punya anak. Ada temen SD yang ngga pernah ketauan kabarnya sejak lulus SD, eeh nongol di fb udah jadi lain banget. *yaiyalah secara lulus SD taun brapa ya. hahaha.

Hari ini aja, udah nerima 3 undangan nikahan temen2 deket waktu SMP. yang dulunya main bareng, sering luntang luntung kemana mana bareng. setahun dua tahun setelah perpisahan SMP sih masih selalu luangin waktu buat ketemuan, meskipun kadang setahun 2 kali aja, pas natal sama lebaran. entah cuma pergi makan, atau bahkan ngumpul dirumah salah satu dari kami aja. Dari mulai baru pertama kali pegang hape, sok2an pengen smsan dengan bahasa paling gaul di dunia, yang ternyata sekarang berubah menjadi bahasa alay. ahhahahaha. Untung masa itu udah lewat, jadi udah sempat bebas berkesprei tanpa harus takut dinbilang ALAY. hahahaha.
Tapi semua berubah sejak negara api menyerang *hohoho. Rasanya cepet banget waktunya. Kayaknya baru kemaren, belajar sama2 waktu mau ujian, bikin tugas bareng2, les bareng, main2, ngumpul2, ketawa2 ampe dimarahin orang rumah, gosip2 bersama ampe disebelin sama adek gara2 si adek jadi gak bebas mau ngapa2in dirumah. eeeh sekarang udah pada gede, udah pada mau nikah aja hahaha


Nggak usah jauh2 ngomongin temen SMP,SMA. Temen2 deket waktu kuliah juga bisa diitung jari yang masih sering komunikasi. Kalo inget jaman2 rempong bersama, pasti jadi kangen mereka.
Katanya ngerjain tugas, endingnya bergosip, adaaaa..
Katanya ngerjain tugas, endingnya makan nasi goreng anakonda sampe kekenyangan dan ketiduran, adaaa..
Katanya mau survey lokasi, endingnya kulineran, adaaaaa...
Katanya mau lembur bareng, endingnya menyelinap makan malam diskonan di KFC, adaaaa....
Katanya mau minta tolong bantuin kerja tugas akhir, endingnya curhat galau, adaaa....
Katanya mau tidur lima menit buat ngademin otak, endingnya bangun keesokan harinya, adaaaa...
Janjian online di YM, endingnya curhat galau, adaaaa...
Ngga sengaja ketemu pas sama2 online, endingnya tuker2an referensi lagu galau, adaaa...
hahaha. miss you guys!!

Sebenernya kesibukan kerja ngga boleh jadi alasan sih buat hilang kontak sama temen lama. Tapi terkadang, sadar atau enggak, teman lama yang hadir lagi didepan kita setelah mungkin sekian tahun ngga komunikasi, memang kerasanya beda. mereka sudah dibentuk dengan lingkungannya yang kita nggak tau selama sekian tahun itu, dan bisa jadi mengubah mereka jadi pribadi yang lain. Yang tentu aja beda dari yang kita tau dulu.

Bukan menjadikan kita tidak lagi sejalan sama mereka sih. Disadari atau engga, proses seperti ini tetap akan terlewati. kita ngga bisa menjaga mereka semuanya tetep seperti dulu.

tapi lihatlah, teman yang masih ada bersamamu dari dulu kala sampe sekarang,
dari kamu masih culun ngga tau apa2, sampe kamu tau banyak hal,
dari dulu yang kerjaanmu cuma mikirin PR sekolah sampe sekarang kerjaanmu mikirin target perusahaan,
yang ngga pernah hilang komunikasi cuma karena masalah kesibukan,
yang tetep ada sama kamu dari dulu jaman kamu mungkin cuma depan2an rumah sama dia sampe sekarang kepisah pulau atau bahkan kepisah negara,
yang ada denger cerita kamu dari dulu kamu sebel karna dicubit temen sebangku sampe mungkin sekarang sebel karena masalah complicated lainnya,
itulah teman sejati yang layak kamu jaga.
:)










0 Response to "Teman"

Posting Komentar